Tuesday 1 December 2015

Flyback Transformer (FBT)

Flyback Transformer adalah Pembangkit Tegangan Tinggi untuk keperluan Anoda, Katoda dan Grid pada Tabung (hampa) Televisi. Flyback Transformer ini di salurkan pula pada Deflection Yoke untuk membelokan Elektron pada Tabung Gambar TV baik secara Horizontal maupun Vertikal.Pada Flyback Transformer tersebut di bangkitkan juga tegangan Sedang/Rendah untuk blok Vertikal Output, Heater (Filamen), ABL (Automatic Brighness Limited) dll.

Flyback Transformer (FBT)


Gambar Trafo Flyback untuk TV
Trafo Flyback - Flyback Transformer (FBT)
    DeepMechines - Panduan Elektronika - Dasar | Flyback Transformer (FBT). Flayback ini berfungsi sebagai Pembangkit Tegangan antara lain:
    1. Tegangan Tinggi dari Flyback untuk Tegangan Anoda pada Tabung TV berkisar 10.000 Volt (10KV) hingga 30.000 Volt (30KV).
    2. Tegangan Sedang dari Flyback untuk Tegangan Katoda pada Tabung TV berkisar 90 Volt hingga 200V, namun pada Tegangan yang umum di pergunakan untuk Tabung Televisi adalah 185V, sedangkan Tegangan 90V sering ditemukan pada jenis Tabung Monitor untuk komputer. Tegangan ini di pergunakan untuk Tegangan Video dan/atau Katoda pada Tabung Televisi.
    3. Tegangan Rendah berkisar 24V hingga 28V (Single) untuk Tegangan Vertikal Amp. Pada beberapa jenis tertentu menggunakan 12V x 2 = terdiri dari -12V dan +12V | 14V x 2 = terdiri dari -14V dan + 14V untuk Tegangan Vertikal Output(Vertikal Amp) tsb.
    4. Tegangan "Heater" berkisar 6V hingga 9V AC (Alternative Current).
    5. Fasa ABL (Automatic Brightness Limiter) atau Pengatur level terang/cahaya otomatis.

    Setiap Trafo Flyback mempunyai 3 Kabel Utama, yaitu:


    1. Kabel Kop untuk Anoda - Ciri-ciri nya adalah: Mempunyai ukuran paling Besar dan paling Panjang, jika di bandingkan dengan kedua kabel lainnya pada Flyback, serta mempunyai Tutup dan Pengait sebagai pengunci pada Tabung.
    2. Kabel Screen - Berfungsi untuk mengatur atau Kontrol Fokus dan Terang/Gelap pada Layar (Tabung Gambar).
    3. Kabel Grid - Berfungsi untuk mengatur adalah Pengikut Kontrol Fokus dan Terang/Gelap pada Layar (Tabung Gambar).
    Gambar Trafo Flyback (Flyback Transformer / FBT)
    Trafo Flyback (Flyback Transformer / FBT)
     Kop (Tudung) Kabel Anoda akan menyemburkan Tegangan Tinggi berkisar 10.000V (10KV) hingga 30.000V (30KV) ketika Trafo Flyback tersebut aktif bekerja. Semburan api dari Flyback tersebut akan menarik elektron pada Tabung (hampa) Televisi, sehingga Tabung dapat menyala, setelah sebelumnya elektron di belokan pula oleh Yoke Defleksi (Deflection Yoke) baik secara Vertikal maupun secara Horizontal. Cahaya dapat terlihat Terang pada Layar (Tabung Gambar) Televisi ketika "Heater" pada Tabung Televisi itu sudah Menyala.

      No comments:

      Post a Comment