Tuesday 22 December 2015

Kerusakan Osc Vertikal TV Toshiba Bomba 14-Inch 14N5XM

Model TV: Toshiba - Seri: Bomba dengan Model: 14N5XM ini mengalami kerusakan bagian Osilator Vertikal, sehingga kami agak kesulitan dan bahkan memerlukan konsentrasi berhari-hari lamanya, dengan hamya penyebab kerusakan yang sebenarnya hanya sepele sekali, sebuah elektrolit kondensator (elco) pada bagian Osilator Vertikal di IC Chroma dari Televisi tersebut.

Gambar dan Bentuk Televisi Toshiba BOMBA 14B5XM
TV Toshiba bomba 14" Model: 14N5XM
Televisi dengan merek Toshiba Bomba 14-Inch 14N5XM tersebut adalah milik dari salah seorang kerabat kami sendiri, dan mempunyai kerusakan bagian Vertikal, yaitu: Kerusakan dengan gambar siaran yang Menyempit secara Vertikal (atas dan bawah), terkadang hanya Garis sinar saja yang Membentang secara Horizontal (dari kiri ke kanan) tepat berada di tengah tengah Layar televisi tersebut.

Berdasarkan beberapa pengalaman kami terdahulu, maka kami memfokuskan pada bagian Vertikal Out yang menggunakan IC Vertikal dengan seri: TA 8403K, sebagai informasi tambahan Televisi dengan merek Toshiba Bomba 14-Inch 14N5XM ini menggunakan IC Chroma: TA 1231CN. Ketika kami melakukan pengukuran Tegangan pada bagian blok vertikal ini, nampak jelas terukur Normal, namun pada gambar terlihat gambar siaran yang Menyempit secara Vertikal (atas dan bawah), namun beberapa saat kemudian terlihat hanya Garis sinar saja yang Membentang secara Horizontal (dari kiri ke kanan) tepat berada di tengah tengah Layar televisi tersebut. Maka kami mencurigai beberapa komponen yang bermasalah pada blok Vertikal Amp ini, berikut langkah langkah yang kami lakukan:
  • Sebagaimana biasanya melakukan solder ulang pada setiap titik kontak pada mesin televisi yang terlihat retak retak (loss contact), setelah di rasa yakin tidak ada lagi titik kontak yang terlepas (loss contact), maka kami mencoba menghidupkan televisi, namun masih belum ada perubahan, selanjutnya..
  • Melakukan penggantian C306 (1000mF/25V), C313 (470mF/35V), C305 (2.2mF/50V), masih tidak ada perubahan, kami juga melakukan pengecekan pada resistor tidak satupun yang bergeser Nilai tahanannya, karena di rasa penggantian beberapa komponen pendukung pada blok Vertikal, masih tidak berhasil, maka kami melakukan penggantian pada IC Vertikal Amp tersebut, selanjutnya..
Gambar Mesin bagian Belakang TV Toshiba bomba 14N5XM
  • Setelah melakukan penggantian komponen IC Vertikal Out (V-Amp) tersebut, maka kami mencoba untuk menghidupkan televisi tsb, sekarang gambar sedikit melebar sekitar 1 hingga 2 jari tepat di tengah tengah layar, yang menandakan bahwa bagian Vertikal Out ini sudah dapat bekerja, hal ini dapat di buktikan ketika bagian Input Vertikal di sentuh, maka gambar pada layar akan sedikit bergerak naik, maka langkah terakhir.. kami menelusuri jalur input tersebut...
  • Jalur Input IC Vertikal terhubung pada resistor dengan kode R308, yang selanjutnya terhubung langsung dengan Osilator Vertikal yang terdapat pada IC Chroma (IC RF/Jungle) dengan kode nomor TA 1231CN pada pin/kaki no. 23, ketika kami menelusuri jalur INPUT Vertikal ini, pandangan kami tertuju pada sebuah elco dengan kode C301 berukuran 1mF/50V yang terpasang pada bagian bawah mesin televisi tersebut.. sebelumnya kami menduga, bahwa; kemungkinan IC Chroma lah yang mungkin bermasalah, maka elco dengan kode C301 tersebut kami gerak gerakan untuk memastikan bahwa komponen ini masih tersambung pada mesin, namun diluar dugaan kami ternyata ELCO dengan kode C301 salah satu kakinya terlepas karena berkarat, dan kemudian kami menggantinya dengan ukuran dan kapasitas yang sama.. 
Gambar bagian bawah Mesin TV TV Toshiba bomba 14N5XM
    Setelah melakukan penggantian pada komponen elektrolit kondensator (elco) dengan kode C301 yang berukuran 1mF/50V tersebut (lihat komponen yang di lingkari Merah pada gambar di atas), maka kami mencoba menghidupkan Televisi tersebut, dan ternyata Televisi 14-Inch dengan Merek: Toshiba, Seri: Bomba, Model: 14N5XM, dapat Normal kembali.


    Gambar dan Bentuk Televisi Toshiba Bomba 14-Inch 14N5XM
    TV Toshiba Bomba 14-Inch 14N5XM
    Demikian sekilas Perbaikan Kerusakan bagian Osilator Vertikal pada TV Toshiba Bomba 14-Inch 14N5XM ini, semoga dapat bermanfaat bagi para Teknisi TV yang menemukan kasus kerusakan sebagaimana telah kami informasikan di atas.

    Halaman lain: "Kerusakan Gambar Terlipat di bagian bawah Layar pada TV Votre 14-Inch".

    9 comments: