Tuesday 19 January 2016

3 Faktor penting dari 7 Aspek Kehidupan untuk Pengembangan diri

Gambar dan Blog Informasi, Motivasi serta Pengembangan Diri untuk Sukses
Ilustrasi - Source by: www.FreeDigitalPhotos.net
7 Aspek Kehidupan yang Perlu kita Ketahui ini adalah di sarikan dari "Course Guide" dengan judul: Personal Development and Motivation Building, hal ini cukup menarik bagi saya untuk memuat lagi, untuk menambah kaya kita akan Informasi "Pengembangan Diri" ini, dengan harapan dapat Memotivasi dan Mengispirasi bagi saya sendiri dan mungkin juga untuk siapa saja yang kebetulan mengunjungi halaman ini.

7 Aspek Kehidupan tersebut adalah:


 1. MENTAL

Penguasaan Mental adalah Kemampuan untuk Berfikir, Memutuskan serta Bersikap Positif & Efektif, yaitu:
  • Bersikap Positif - karena sikap yang positif akan membawa sifat "Konstuktif" (membangun), hal ini berlawanan dengan Sikap Negatif yang mungkin dapat menyebabkan seseorang bersifat "Desktruktif" (menghancurkan).
  • Spiritualitas - Keyakinan dan Doa akan berpengaruh sangat besar dalam kehidupan seseorang, Kekuatan Spiritual akan sangat di perlukan apalagi ketika seseorang mengalami mental break down , kekuatan spiritualitas akan menyeimbangkan Mental seseorang, Kekuatan Spiritualitas inilah merupakan Benteng terakhir ketika seseorang mengalami tekanan mental yang cukup hebat.
Kedua Poin di atas adalah Tujuan agar seseorang Mampu menghadapi segala Tekanan Mental yang dapat mengakibatkan Stress.
Penguasaan Mental merupakan Faktor penting dalam 7 Aspek Kehidupan untuk Pengembangan Diri tersebut. Ketahanan Mental akan sangat diperlukan untuk Pengendalian Emosi seseorang.

2. FISIK


Fisik merupakan salah satu hal dapat terlihat oleh kasat mata, mungkin kita pernah mendengar motto dari seorang Pujangga Romawi: Mens sana in Corpore sano, yang kurang lebih artinya: Di dalam Tubuh yang Kuat terdapat Jiwa yang Sehat. Kita mengetahui Keseimbangan antara Fisik dan Mental adalah merupakan Faktor penting yang dapat mempengaruhi kehidupan seseorang. Berikut beberapa poin terkait Menjaga Fisik tersebut, yaitu:
  • Asupan Makanan - Untuk Keseimbangannya Tubuh memerlukan Sumber Tenaga dari Makanan yang kita konsumsi setiap hari, agar tubuh dapat seimbang antara Energi yang di keluarkan dengan Sumber Energi yang masuk, makanan juga sangat di butuhkan untuk mengganti sel sel yang rusak dari dalam atau luar tubuh manusia, sehingga Kesehatan tetap terjaga dengan baik.
  • Olah Raga - Olah Raga akan sangat baik untuk menjaga Kebugaran dan Kesehatan pada Tubuh.
  • Menghilangkan Kebiasaan Buruk (kurang baik) - Kurangi atau Hilangkan kebiasaan yang merugikan kesehatan, seperti: Merokok, Minuman beralkohol selain itu jangan makan makanan dengan berlebihan.

3. SPIRITUAL


Kekuatan Spiritual sebenarnya sudah di singgung pada poin diatas. 3 Kekuatan penting ini, yakni: Kekuatan Mental, Fisik dan Spiritual adalah merupakan Aspek Utama pada 7 Aspek Kehidupan yang perlu di ketahui dalam "Pengembangan Diri" ini. 
  • Menjalankan Ibadah atau Ritual sesuai dengan Keyakinan masing masing, hal ini akan menimbulkan rasa tanggung jawab, baik kepada sang "Maha Pencipta" (Vertikal) maupun kepada "Sesama Manusia/Mahluk" (Horizontal), selain itu ibadah/ritual dapat menentramkan hati.
Lanjutkan ke halaman: 7 Aspek Kehidupan yang perlu Diketahui dalam Pengembangan Diri (Bag. 2)

    No comments:

    Post a Comment