Tuesday 12 January 2016

Multitester (Avometer) Rusak karena Kesalahan Penggunaan pada Tegangan Listrik

Multitester atau yang di sebut juga Avometer, sesuai dengan namanya AVOmeter adalah Perangkat untuk mengukur Ampere/Volt/Ohm pada sebuah Komponen Elektronika ataupun Tegangan Listrik, dengan melakukan pengaturan secara Manual pada Knop Saklar Selektor, sesuai Komponen dan Tegangan yang di Test, kesalahan peletakan posisi saklar selektor, bisa berakibat kerusakan pada Avometer tersebut, sebagaimana pernah terjadi juga pada perangkat AVOmeter milik kami sendiri, seperti hal kejadian di bawah ini.

Gambar Mesin Dalam Avometer Manual

Keteledoran kami ketika akan melakukan pengukuran pada rangkaian "Power Switching/ Regulator" Televisi, yakni: mengetahui ada tidaknya Tegangan Utama pada Power Regulator TV pada kaki Elco 220mF/450V, ternyata kami lupa untuk memindahkan "Saklar Selektor" ke Posisi 1000V, melainkan masih terpasang pada posisi 1X, sehingga dapat di bayangkan apa yang terjadi..prak! Multitester jadi rusak, ketika di tes.. pada Posisi 1X, jarum tester bergerak naik tak terhingga, maka segera kami melakukan pembongkaran pada perangkat Avometer tersebut, dengan kerusakan komponen sebagaimana terlihat pada gambar di atas.
  1. Resistor - 18 Ohm
  2. Resistor - 200 Ohm
  3. Resistor - 3K Ohm
Setelah penggantian ketiga komponen diatas, sekarang Multitester pada bagian Pengukuran OHM meter sudah dapat Normal kembali, namun ketika kami melakukan Pengukuran Tegangan, dan memindah posisi saklar selektor ke posisi VOLT meter, ternyata jarum penunjuk skala tidak normal, bergerak naik tidak terhingga, maka segera kami melakukan pembongkaran kembali pada Multi/ AVO meter tersebut.

Perbaikan Multitester Manual yang Rusak
  •  Penggantian kedua Dioda 1N4148 (2x)
Setelah melakukan penggantian kedua Dioda tersebut di atas, maka kami melakukan pengetesan tegangan pada Power Regulator TV, dan sekarang Jarum Multi/ AVO meter sudah  menunjukan Skala Normal kembali, dan hingga disini "Multitester (Avometer) Rusak terkena Tegangan Listrik" tinggi sudah dapat di selesaikan atau Multitester sudah dapat berfungsi Normal kembali.

Peralatan Umum Perbaikan Elektronik/ TV
Beberapa Peralatan yang umum digunakan untuk Perbaikan Elektronik/ TV
Ketenangan, Ketelitian, Fokus dan Konsentrasi sangat penting, apalagi bagi kita yang masih sama sama mencari nafkah di bidang jual jasa perbaikan perangkat elektronik rumah tangga ini, agar mengurangi resiko kerugian yang di akibatkan dari kelalaian kita sendiri, semoga usaha anda semakin berkah dan makin tambah maju serta Sukses selalu untuk kita semua.. ;)

3 comments:

  1. Punyaku untuk mengukur sekala dan dc normal tapi kalo mengukur tegangan ac jarum tidak bergerak sama sekali kira2 apanya ya sedulur

    ReplyDelete
  2. klo pemutar klabirasi ohm nya error itu yg kena apanya ya,sebelumnya pernah short/salah selektor

    ReplyDelete