Saturday 5 March 2016

Belajar membuat Website menggunakan Hosting gratis (free) di IDHOSTINGER (Bag.. 1)

Untuk dapat membuat sebuah blog maka diperlukan sebuah hosting untuk beragam keperluan, seperti: untuk menyimpan file text (dokumen html), file gambar/video, maupun untuk instalasi script/platform blogging yang akan digunakan, semisal: Wordpress.org, Joomla, Drupal dll.

Hosting tersedia dalam versi Premium dan Free. Hosting versi Premium tentu akan mempunyai fitur lebih lengkap, jika dibandingkan dengan Hosting versi Free (gratis), namun.. sebagai pemula.. pengguna dapat mencoba terlebih dahulu Free Hosting ini sebelum menggunakan hosting versi Premium (berbayar).

Jika menggunakan platform Blogger, pengguna dapat menggunakan hosting gratis yang diberikan oleh Google semenjak pertama kali membuat akun email menggunakan akun google mail (gmail) dan membuat profil google, yang pada selanjutnya menjadi profil pengguna pada keseluruhan produk google, seperti: Youtube (hosting video), Picasa (hosting gambar), Blogger (platform blogging), Google Drive (cloud storage) dan masih banyak lagi.

Hal ini agak berbeda antara platform Blogger dengan penyedia layanan hosting, dimana seluruh aktifitas hosting ini dapat di di akses langsung pada cPanel, termasuk pengelolaan akun e-mail, instalasi script/platform yang beragam (Wordpress, Joomla, Drupal, Prestashop dll).

Berdasarkan perbandingan di atas, mungkin para pengguna platform Blogger akan merasa nyaman menggunakan blogger, karena mempunyai Tool menu (pada Dashboard Blogger - red) yang sangat mudah di pahami, sedangkan jika menggunakan sebuah Hosting baik versi Free maupun Premium, mungkin harus lebih belajar lagi memahami Tool menu (pada cPanel Hosting - red), namun ini merupakan salah satu tantangan dan pengalaman baru, jika anda ingin mencobanya.

Berikut Panduan Dasar terkait: "Belajar membuat Website menggunakan Hosting gratis (free) di IDHOSTINGER".

Panduan Pemula Cara Membuat Website Gratis Free Webhosting
Halaman awal IDHostinger - Memilih Bahasa yang sesuai dengan Pengguna
  • Pilih bahasa dan negara yang sesuai dengan pengguna.
Panduan beserta Gambar Cara Membuat Website
Halaman depanl IDHostinger - Order atau Membuat sebuah Akun baru
  • Pilih di antara kedua pilihan tersebut untuk "Membuat Akun" selanjutnya:
Panduan Membuat dan Order Free WebHosting
Registrasi dan Order Hosting secara Cepat menggunakan Akun Facebook atau Akun Google anda
  • Pilih salah satu Profil di atas untuk Registrasi Cepat di ID Hostinger, jika sudah berhasil maka anda akan di bawa kehalaman di bawah ini, yaitu: Halaman Hosting Plan, pilih Free untuk menggunakan Hosting versi gratis (tidak berbayar)
Panduan Dasar Order Domain dan Hosting di ID Hostinger
Hosting Plan
Halaman berikutnya: "Belajar Membuat Website mengunakan Hosting gratis (free) di IDHOSTINGER (Bag. 2)".

No comments:

Post a Comment