Wednesday 17 February 2016

Panduan dan Tujuan Membuat Blog serta Keuntungan berada di Posisi Halaman Teratas pada Mesin Pencari (SERp)

Persyaratan untuk Membuat Blog adalah: harus mempuyai e-Mail Google (Gmail) dan kemudian harus menyetujui beberapa "Ketentuan & Kebijakan" dari Google, antara lain adalah:
  • Tidak memuat Konten yang Bersifat Pornografi, baik berupa: Tekstual, Gambar maupun Video
  • Tidak Memuat Unsur Kekerasan, Ancaman terhadap Pribadi seseorang, baik Orang Dewasa maupun Anak anak, ataupun Pencemaran Nama Baik (Fitnah), Caci Maki terhadap Pribadi ataupun Institusi tertentu.
  • Tidak Memuat Konten yang Melanggar Material Hak Cipta orang lain.
  • Tidak Memuat Konten yang mengandung Unsur SARA
  • Tidak Memuat Konten yang Bersifat Plagiarisme (Memindahkan sebagian atau Seluruh Konten dari Website satu ke Website Pribadi tanpa seizin Pemilik Website ybs ataupun Memperbanyak Konten yang sudah ada).
  • Lihat halaman "Kebijakan Konten" dari Google di sini: https://www.blogger.com/content.g?hl=in
Mengingat Ketentuan dan Kebijakan dari Google tersebut cukup banyak Pelanggaran terjadi, apalagi bagi seorang Blogger yang masih Pemula, hal ini sangat penting untuk menjadikan sebuah blog yang Berkualitas, Informatif dan Bermanfaat bagi orang lain dan/atau para blogger lainnya.

Tujuan Membuat Blog


Sebuah blog berkualitas dapat bernilai Komersial jika di kelola dengan Profesional. Untuk dapat membuat blog yang berkualitas tentulah harus mempunyai Manfaat bagi banyak orang. Hal ini berbeda dengan seseorang yang hanya membuat blog hanya untuk keperluan pribadi, hoby atau non komersial lainnya.

Gambar dan Keterangan Panduan Cara serta Tujuan dari Membuat Blog
Ilustrasi - Blog
Pada dasarnya Tujuan seseorang membuat Blog adalah berbeda beda. Sebuah Blog dapat dibuat untuk Tujuan Komersial maupun Non Komersial, berikut sedikit gambarannya:
  • Blog Komersial/Bisnis - Mengunakan sebuah Blog sebagai Media Promosi (periklanan) berupa Produk ataupun Jasa.
  • Blog non Komersial - Menggunakan sebuah Blog sebagai Media Komunikasi dan Informasi (sharing)
Sebuah blog dengan Konten berkualitas tinggi akan menempati posisi rating yang sangat baik pada Mesin Pencari (SERp - Search Engine Results Page), semisal: Google, Yahoo, Bing, Ask dll, hal ini menarik minat Pengunjung, baik yang sudah lama maupun Pengunjung baru. Salah satu Tujuan dari Membuat blog adalah mendapatkan "Trafik" atau lalu lintas yang tinggi dari "Visitor" atau Pengunjung blog. Trafik tinggi akan meningkatkan Popularitas sebuah Blog dan memungkinkan Blog akan berada pada "Halaman Top 10" dari sekian ratus, atau ribu atau bahkan Juta-an hasil pencarian pada halaman "Mesin Pencari", semisal: Google, Yahoo, Bing, Ask dan mesin pencari lainnya.
Lalu apakah untungnya, jika Blog akan berada pada "Halaman Top 10" dari sekian ratus, atau ribu atau bahkan Juta-an hasil pencarian pada halaman "Mesin Pencari", semisal: Google, Yahoo, Bing, Ask dan mesin pencari lainnya?

Keuntungan Blog yang berada pada "Halaman Top 10" atau Tampil pada Halaman Pertama dari Mesin Pencari (SERp- Search Engine Results page)


Keuntungan Blog yang berada pada "Halaman Top 10" dari sekian ratus, atau ribu atau bahkan Juta-an hasil pencarian pada halaman "Mesin Pencari", adalah memungkinkan sebuah blog di kunjungi ratusan, ribuan bahkan puluhan ribu pengunjung setiap harinya, jika demikian.. Selamat untuk anda!!, anda adalah seorang Pemenang..!, karena.. jika kebetulan anda sedang mempromosikan "Produk ataupun Layanan Jasa", maka kemungkinan pengunjung akan membuka blog atau situs anda,atau dengan kata lain, blog tersebut memiliki kemungkinan besar untuk dikunjungi oleh ratusan,ribuan atau bahkan puluhan ribu pengunjung setiap harinya dan mungkin mereka akan tertarik dengan promosi (Layanan Jasa) atau bahkan membeli "Produk" yang anda tawarkan pada halaman tersebut. Inti dari itu adalah mendapatkan pengunjung sebanyak banyaknya, yang dengan sendirinya akan meningkatkan popularitas blog anda tsb, semakin banyaknya traffik pengunjung situs/ blog akan meningkatkan/ mempertahankan posisi blog ataupun situs anda di "Halaman Pertama" pada Mesin Pencari.
Seorang Blogger akan sangat mendambakan Blog yang dia buat berada pada urutan atas (tampil di halaman pertama) halaman pencarian dari Mesin Pencari (SERp - Search Engine Results page) terutama pada Mesin pencari, seperti: Google, Yahoo dan Bing. Blog yang tampil pada "Halaman Pertama (Page One)" pada Mesin Pencari umumnya dapat di artikan sebagai Blog yang Berkualitas atau dapat di artikan pula sebagai Blog/ Situs yang sudah Matang. 
Untuk dapat membuat sebuah blog berada di halaman pertama pada Search Engine ini, maka diperlukan Teknik SEO (Search Engine Optimazation), lihat halaman: "SEO (Search Engine Optimization) - Pemahaman SEO untuk Pemula".

Membuat sebuah Blog yang Berkualitas


Membuat sebuah Blog berkualitas dengan sangat di perlukan kesabaran dalam Pengelolaannya, hal ini tidaklah mudah dan tentu saja memerlukan Proses yang cukup panjang, Perbaikan demi perbaikan yang terus di lakukan, sehingga blog dapat di nikmati dan Bermanfaat bagi Pembacanya.

Artikel ini dimuat pada Kategori: "Panduan Blogging (Pemula)"

Halaman Berikutnya: "Pengenalan Beberapa Aplikasi Web dan Istilah pada sebuah Website/Blog".

      No comments:

      Post a Comment